Jaya Ramba: Pengarang Iban Prolifik yang Kerap Bersastra dan Berliterasi di Indonesia

Jaya Ramba: pengarang prolifik sekalogus produktif.

Jaya Ramba, seorang penulis berbangsa Iban, dilahirkan di Tinjar Baram. 

Awal pendidikannya ditempuh di SK Long Teru Tinjar Baram, kemudian melanjutkan ke SMK Marudi Baram untuk Tingkatan 1 hingga 5, dan meneruskan sekolah di Tingkatan 6 di SMK Lutong Miri.

Setelah menyelesaikan pendidikan Sarjana Muda Pengurusan dan Pentadbiran dengan kepujian, Jaya Ramba memulai karirnya di industri minyak. Ia berdinas di Petronas Carigali, Miri Sarawak, Malaysia. 

Saat ini, Jaya Ramba mengabdi sebagai Eksekutif di Lembaga Air Kawasan Utara Sarawak, khususnya di Jabatan Sumber Manusia.

Pengarang produktif

Sebagai seorang pengarang produktif, Jaya Ramba telah menulis lebih dari 50 buku, termasuk lebih dari 30 buku pribadi dan 20 antologi bersama penulis lain dari tanah air. 

Karya-karyanya meliputi novel, cerpen, puisi, cerita rakyat, esei, skrip drama, dan banyak lagi. Selain menulis dalam bahasa Malaysia, beliau juga telah menciptakan enam novel dalam bahasa Iban, yang mendapat pengakuan dan anugerah di tingkat negeri dan nasional.

Di samping karir menulisnya, Jaya Ramba aktif dalam berbagai organisasi non-pemerintah, menjadi penasihat untuk Persatuan Dayak Tatau, serta Penaung Kelab Ukiran dan Kenarau Sarawak dan Perpustakaan Awam Miri. 

Sebagai Setiausaha 1 Persatuan Penulis Utara Sarawak dari tahun 2000 hingga sekarang, Jaya Ramba juga aktif dalam Gabungan Penulis Nasional Malaysia dan Penaung Persatuan Penulis Iban Sarawak.

Pengalaman dan dedikasinya tidak hanya terbatas pada dunia sastra, tetapi juga mencakup bidang pendidikan dan kemasyarakatan. Jaya Ramba sering diundang sebagai pembicara motivasi dan pengajar dalam workshop penulisan di berbagai sekolah, universitas, serta di acara budaya di seluruh Asia Tenggara. 

Aktif di arena politik

Selain itu, pengarang prolifik ini juga terlibat dalam arena politik, pernah menjadi Ketua Penerangan Pemuda Parti Demokratik Progresif Sarawak dan aktif dalam partai GPS sekarang.

Sebagai seorang yang berperan penting dalam memajukan budaya dan sastra Dayak, karya-karyanya tersebar luas dan dihargai di berbagai media, termasuk majalah dan surat kabar ternama. 

Jaya Ramba tidak hanya menjadi ikon dalam kalangan penulis Dayak, tetapi juga diakui secara internasional, menjadikannya figur yang menginspirasi bagi generasi muda untuk mengembangkan bakat dan berkontribusi secara positif terhadap masyarakat dan kebudayaan. 

Sering ke Indonesia

Jaya Ramba, dalam perannya sebagai pengarang yang melintasi batas-batas negara, seringkali berinteraksi dengan budaya Indonesia. Pada awal tahun 2019, ia tampil sebagai pembahas dalam acara bedah buku tentang Agama Bahai di Ruai TV bersama Kristianus Atok dan Masri Sareb Putra. 

Selain itu, Jaya Ramba sering diundang sebagai pembentang dalam acara temu sastra dan kegiatan membaca puisi di Indonesia. Keikut-aktif-sertaannya dalam forua sastra tersebut tidak hanya memperluas jaringan kepenulisannya, tetapi juga memperkaya dialog budaya antarbangsa, menciptakan ruang bagi pertukaran gagasan dan inspirasi di antara penulis-penulis dan pecinta sastra dari kedua negara.

(Rangkaya Bada)

Alamat:
LAKU Management Sdn Bhd,
Lot 907, Soon Hup Tower, Jalan Merbau,
98000 Miri, SARAWAK.

Tel: 085-442043, 019-8859890, 01136862567
Blog: jayaramba.blogspot.com

Email: jayaramba4@gmail.com / jayaramba@lakumanagement.com.my

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url