Berkat yang Senantiasa Mendapat Berkat: Satyalancana dan Karier Dosen

 

Dr. Berkat, M.Si. Dokpri.

SanggauNews : Dr. Berkat, M.Si. lahir di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, pada tanggal 22 November 1970. Beliau adalah seorang akademisi di Universitas Palangka Raya sejak 1 April 1994. 

Dr. Berkat telah menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya X Tahun pada tahun 2007 dari Presiden RI H. Susilo Bambang Yudhoyono dan Satyalancana Karya Satya XX Tahun pada tahun 2015 dari Presiden RI H. Joko Widodo.

Beliau juga menjadi dosen paruh waktu di beberapa perguruan tinggi di Kalimantan Tengah, termasuk Universitas Kristen Palangka Raya, Universitas PGRI Palangka Raya, dan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.

Berkat yang diperjuangkan

Ketertarikan Dr. Berkat dalam bidang penjaminan mutu pendidikan dimulai sejak tahun 2005 ketika beliau dipercayakan menjadi Ketua Tim Akreditasi Fakultas Pertanian dan Program Studi S1 Agribisnis Universitas Palangka Raya. Pada tahun 2014, beliau juga menjadi Anggota Tim Akreditasi Universitas Palangka Raya.

Pada tahun 2010, Dr. Berkat melanjutkan pendidikan Doktor di Program Studi Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta dan berhasil lulus tahun 2013 dengan disertasi yang berkaitan dengan Manajemen Mutu Pendidikan Tinggi.

Di Universitas Palangka Raya, Dr. Berkat mendapatkan tugas tambahan sebagai sekretaris Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP3MP) pada tahun 2017, menjadi Ketua LP3MP tahun 2018-2020, dan kembali menjabat sebagai Ketua LP3MP mulai tahun 2023 hingga sekarang. Beliau aktif berinovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan, baik di Universitas Palangka Raya maupun di Provinsi Kalimantan Tengah secara umum.

Karya inovatif Dr. Berkat dalam bidang mutu pendidikan tercermin dalam berbagai tulisan seperti buku dengan ISBN, buku pedoman yang digunakan luas, serta publikasi dalam jurnal nasional dan internasional. 

Berkat juga sering menjadi narasumber dan pelatih dalam berbagai seminar, workshop, simposium, dan lokakarya terkait pendidikan. Selain itu, Dr. Berkat juga aktif sebagai auditor untuk audit mutu internal (AMI) Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan auditor ISO 9001:2015.

Dosen meneliti dan publikasi, bukan hanya mengajar

Berikut ini adalah daftar karya inovatif Dr. Berkat dalam bidang mutu pendidikan:

1. Buku Referensi Sosiologi Lingkungan.

2. Buku Referensi Sosiologi Modern.

3. Buku Referensi Ketangguhan Pendidikan Ekonomi: Menyelaraskan Diri Dengan Perubahan Dinamis Abad ke-21.

4. Buku Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Palangka Raya.

5. Buku Panduan Survei Kepuasan Pengguna Layanan (SKPL) Universitas Palangka Raya.

6. Buku Panduan Umum Ekuivalensi dan Konversi Mata Kuliah.

7. Buku Panduan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Universitas Palangka Raya.

8. Buku Roadmap Akreditasi Unggul Universitas Palangka Raya.

9. Jurnal Internasional "Education Model for Environmental Living Environmental Based on Local Genius for Elementary School Student Who Lived in Peatland".

10. Jurnal Internasional "The Study of the Local Wisdom Existence in the Land System in Forest and Land Fire Control".

11. Jurnal Internasional "Pattern of Management and Business Analysis of Income on Peatland".

12. Jurnal Internasional "Utilization of Big Data and Artificial Intelligence on Quality Education Management and its Implications on School Sustainability".

13. Jurnal Nasional "Transformasi Pendidikan di Palangka Raya: Optimalisasi Manajemen Teknologi melalui Kecerdasan Buatan menuju Peningkatan Mutu".

14. Narasumber Pelatihan PEKERTI dan AA.

15. Narasumber Workshop Kurikulum dan MBKM.

16. Narasumber Pelatihan E-Learning.

17. Auditor Audit Mutu Internal (AMI) SPMI.

18. Auditor ISO 9001:2015.

19. Manajemen Mutu Pendidikan Tinggi di Era 4.0 (Putra Pabayo Perkasa, 2024).

Semua karya ini mencerminkan dedikasi Dr. Berkat dalam mengembangkan bidang penjaminan mutu pendidikan di Universitas Palangka Raya dan secara lebih luas di Provinsi Kalimantan Tengah.

--Rangkaya Bada

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url